Tuesday, February 7, 2017

Cara ganti oli shock depan motor honda vario

Cara ganti oli shock depan motor honda vario diperlukan untuk berbagai manfaat. paling utama adalah untuk mengurangi keausan ban yang tidak rata. kemudina juga degan oli shock yang abru akan lebih mengawetkan as shock depan. tentu saja seal akan lebih awet lagi. akan tetapi keausan ban yang tidak rata tidak bisa dihilangkan, hanya bisa dikurangai.

cara mengganti oli shock depan dilakukan setiap 20.000 km. atau bisa dibarengi saat ganti ban depan honda vario. hal ini ditujukan untuk mengurangi keausn ban yang tidak seimbang. jika diperhatikan dalam penggantian banyak yang tidak disertai penggantian oli shock, ban akan mengalami kausan yang tidak rata secara signifikan.

baca juga artikel lain

Mengapa oli shock perlu diganti mungkin pertanyaan yang mudah dijawab, pastinya dari kualitas oli menurun yang membuat kinerja shock tidak memuaskan. beberapa shock menjadi amblas. namun, beberapa ada yang mengalami malah menjadi keras. hal ini diperngaruhi oleh minyak shock yang menguap sehingga menghasilkan udara yang membuat tekanan shock pun mengeras. buktinya ada di video ini.


https://youtu.be/Pv6LbaAwYSw

Langkah awal dari penggantidan oli shock depan ini adalah dengan melapas baut braket kaliper dan pemegang selang yang terdiri dari sebuah baut yang menempel pada shock kiri. kendorkan pula baut roda depan tetapi jangan dilepas terlebih dahulu karena kita akan membutuhkannya untuk mengendorkan baut 14 pemegang shock agar tekanannya di tahan oleh ban depan ini.

langkah selanjutnya untuk penggantian oli shock depan dengan mengendorkan baut 14 pemegang shock depan pada T as steering. kendorkan semua baut 14 ini akan tetapi cukup baut atas saja yang dilepas. dikarenakan pada baut atas ini mempunyai fungsi untuk menahan shock terlepas ketika terjadi guncangan kuat. tidak masalah juga jika dilepas semua.

penggantian oli shock dilakukan secara manual saja tidak perlu mengikuti aturan pada botol oli shock. hal ini disebabkan karena aturan oli shock tersebut tidak menjelaskan apakah shock yang diisi ini talah dibersihkan secara menyelluruh atau hanya sekedar di tap. jadi gunakan trik sederhana pada video ini saja.



https://youtu.be/ouO7caXBlwc




Aturan pengisian takaran oli shock depan ini bisa digunakan untuk semua jenis motor bebek dan motor matic baik honda, yamaha, suzuki maupun model motor lainnya. pasti akan mnghasilkan tekanan yang empuk dan nyaman.

cara mngganti oli shock depan secara lengkap di video bawah ini.



akan tetapi untuk kebutuhan pada shock depan yang bocor harus diganti seal shock depannya. untuk penggantian seal shock depan motor honda bisa dengan cara berikut ini.

 https://youtu.be/3FV5faLKu-o

kemudian dalam pemasangannya kembali harus dibersihkan tutup shock depan vario ini dengan bersih sehingga oli shock tidak rembes. dalam pemasangan shock depan semua jenis motor harus diperhatikan hal ketinggian shock ini dimaksudkan agar steering tidak tersasa miringa atau banting ke kanan atau ke kiri.

mudah bukan cara menggnati oli shock depan ini. penggunaan takaran juga tidak sulit untuk dilakukan. penggunaan takaran ini disesuaikan dengan kondisi oli shock bahwasannya shock masih standar. adapula oli shock yang pernah diganti, bisa dilakukan dengan takaran ini. takaran ini berlaku untuk semua motor bebek maupun matic. akan tetapi tidak demikian untuk motor sport. dan pastikan bahwa salam penggantian ban depan dianjurkan untuk penggantian oli shock secara bersamaan.

Begitu pula dengan seal, penggantian dilakukan secara bersamaan untuk menghindari kerusakan yang lebih cepat pada seal shock yang belum diganti. umur seal shock yang tidak bisa diprediksi akan lebih baik jika dilakukan penggantian secara bersamaan. dengan cara ini akan menghemat penggunaan biaya yang dikeluarkan, hemat penggnatian oli shock dan pula jasa pemasagannya,








https://youtu.be/osxTSI8CAJY

treker ini untuk melepas kancingan penutup shock depan ini bisa cek pada artikel di bawah ini

Treker Shok Depan Motor Honda

review seal shock depan matik dan bebek all merk



Akan di bahas ukuran dan cara untuk membuat alat pembuka shock depan ini sehingga mudah di buat  dan pastinya akan lebih mudah dalam melakukan pembongkaran dan pemasangan shock depan. untuk jelasnya kunjungi instagram kami.

review oli shock sowa vs oli shock jumbo.
https://youtu.be/tLzatS1-h1c

selamat mencoba
rumput teki channel
bongkar dulu pasang kemudian blogspot

No comments:

Post a Comment

Popular Post