Wednesday, January 25, 2017

rem cakram depan motor bunyi gesekan krek krek

rem depan motor bunyi gesekan krek krek saat berjalan normal. bunyi ini mungkin sering dikaitkan dengan laher roda depan. Kampas rem yang kotor bisa mengakibatkan rem cakram bunyi gesekan. untuk bagian sliding yang aus hingga gojak akan mengakibatkan kampas rem bunyi grek grek ketika berjalan normal. hal ini sering dikaitkan dengan kerusakan laher roda depan.

baca juga



kerusakan pada rem depan kadang tidak dapat diperbaiki dengan mudah. Namun terkadang ada pula yang lebih mudah dari pada yang dibayangkan. termasuk suara krek krek yang mirip laher depan rusak ini. mungkin pertama kali akan mengira kerusakan pada laher roda yang pecah. kemudian dicek lahernya ternyata tidak ada gojak. kurang mantep dengan kesimpulan ini, biasanya roda depan dibuka dan dicek secara langsung kondisi lahernya. dan ternyata hasilnya... ZONK...

ternyata jika di cek di kampas remnya tidak ada masalah. slidingnya normal dan sangat lancar. piston bisa kembali dengan baik dan bebas kampas rem terhadap piringinnya. piringan juga tidak oleng. pasti disaat ini kepala panas, mulai meragukan apa yang sebenarnya terjadi.

ternyata jika diperhatikan sliding braket pada kalipernya terlalu gojak. gojak ini bisa mengakibatkan pergerakan kaliper terlalu banyak. banyaknya gojak ini akan mengakibatkan suara krek krek pada saat bergesekan dengan piringan. sekarang hanya tinggal mencari solusi yang tepat untuk mengatasi gojak sliding ini.

gojak yang besar bisa menggunakan isolasi untuk memberikan kerapatan pada slidingnya. akan tetapi gojak yang tidak terlalu besar akan mengakibatkna kalipar tidak dapat bergerak mulus. maka perlu dilakukan perbaikan yang lebih baik dengan memilih bahan yang tepat untuk merapakan slidingnya. maka ditemukannlah solatip atau perapat pralon pompa air. dengan solatip ini akan menghasilkan kerapatan yang diharapkan dan juga bahan yang kuat sehingga tidak akan mudah gojak kembali.

tonton dulu videonya




pemberian pelumas pada sliding wajib. gunakanlah grease jika ada, jika tidak ada gunakan saja shampoo. sebenarnya seal pada kaliper tidak boleh terkena oleh grease atau pelumas berbahan minyak karena akan menjadikan karet karet melar. dan shampoo merupakan solusi yang paling tepat sebagai pelumas... SEHARUSNYA>>>

selamat mencoba
team bongkar dulu pasang kemudian



2 comments:

  1. Bang kalau bannya bunyi waktu belok kiri aja itu gimana bang

    ReplyDelete
  2. Rem cakram di sebelah kanan, kemungkinan rem bermasalah.

    ReplyDelete

Popular Post