Wednesday, January 4, 2017

Batok lampu getar supra X 125 PGM FI

Pastilah merasa kesal kalo motor buat jalan kerasa getar-getar sampai sampai mengganggu konsentrasi. Motornya Honda sepertinya masih berkutat dari batok lampu getar pada supra X 125 PGM FI. Walaupun dengan teknologi baru, notabene sebagai teknologi injeksi yang dinamakan PGM FI teririt namun masih berkutat dengan permasalahan sedari dulu yang melegenda. Sepertinya akan menjadi pekerjaan rumah besar dari pihak Honda sendiri. Namun, sebagai pemilik pasti berusaha dong mengatasinya sendiri, masak ya mau pasrah. Nah ini dia perbaikan Batok lampu getar supra X 125 PGM FI yang bisa dilakukan sendiri dirumah dengan mudah.

Cover getar ini muncul pertamakali pada Honda Grand, setahu saya yang pernah ngrasain nyervis saja. Berbarengan dengan Motor Grand tersebut, Honda Supra 100 cc yang kesemua seriesnya getar. Masih dengan 100 cc muncul berbagai varian, seperti; Supra Fit, Fit New, Fit S, dan kesemuanya memiliki getar pada batok lampunya. Muncul generasi 125 cc, bermulai dari Honda Kirana yang desainnya cover body mengambang semua. Kemudian muncul lagi karisma yang Anda tahu sendiri cover body nya tidak ada lagi yang utuh. Dari Supra X mata satu hingga mata 2 hingga berstatus FI semua memiliki kesamaan perasalahan cover cover getar. Pada Akhirnya muncul All New Honda Supra X PGM FI, teknologi terbaru dengan masalah yang sama.

Perbaikan Batok lampu getar supra X 125 PGM FI ini bukan masalah yang sulit tetapi hasilnya juga sering getar kembali. Untuk perbaikan Batok lampu getar supra X 125 PGM FI ini dibutuhkan bahan perantara antara cover cover yang berkaitan. Pada Batok lampu supra X 125 PGM FI terdapat 3 buah potongan, yaitu; cover speedometer, cover lampu dan  Bahan yang baik tentunya memiliki bahan yang lentur yang dapat mengisi kausan persinggungan diantara cover covernya. dan tentu pula bahan yang tidak mudah lepas ataupun mengeras. Ketebalan dari penghilang getar ini haruslah tepat. Jika bahan kurang tebal akan mengakibatkan getar tidak hilang tetapi jika jika terlalu tebal maka cover akan terlihat tidak rapat. Terlebih lagi dengan tebalnya perantara akan mengakibatkan kerusakan permanen pada cover.

Penjelasan di atas dapat ditaksir bahan yang dibutuhkan yaitu isolasi. Isolasi yang tepat adalah isolasi elektrik yang berwarna hitam. isolasi ini memiliki kriteria yang pas diantara isolasi bening yang tipis, isolasi kertas yang keras, double tip yang mudah mengeras. Gunakanlah isolasi yang bermerk dengan kisaran harga 6 000 rupiah. jangan gunakan isolasi berukuran kecil karena biasanya kualitasnya tidak baik.

Langkah-langkah perbaikan Batok lampu getar supra X 125 PGM FI yaitu membuka baut baut cover yang terdiri dari 7 buah baut dan kedua spion. Alat yang dibutuhkan lainnya obeng minus. Obeng minus ini digunakan untuk mencungkil cover lampu yang berat pada saat penarikan kedepan. Gunakan obeng minus kecil dan hindari obeng yang tumpul. 

Lepas konektor lampu depan dan lepaskanlah visornya yang dibaut dengan sebuah baut cacing. Bersihkan bagian bagian yang bersinggungan antara cover covernya. Bisa disimpulkan bahwa Batok lampu getar supra X 125 PGM FI ini berasal dari bagian yang aus pada persinggungan covernya. Maka langkah perbaikannya dengan memberikan isolasi diantara keausan yang terjadi pada persinggungannya. Agar isolasi dapat menempel dengan baik, bersihkan terlebih dahulu serbuk serbuk keausan dari bagian yang akan diisolasi.

Tempat yang diisolasi yaitu cover lampu sebagai tempat visornya dan cover speedometer yang ditempati cover lampu secara merata. Dan pastikanlah bahwa baut cover speedometer dengan setangnya kencang juga dengan baut speedometer dengan cover speedometernya. Pada dudukan cover speedometer yang menempel pada stang ini sering terjadi keausan. Keausan ini disebabkan tidak kencangnya baut yang dipengaruhi oleh getaran mesin. Dengan getaran mesin ini maka keausan semakin dalam. Akibatya terjadi kelonggaran baut walaupun sudah dikencangkan dengan maksimal.

Pasang kembali visor Batok lampu getar supra X 125 PGM FI dengan memperhatikan dua buah kaitan visor yang bersinggungan diujung kanan kiri cover lampunya. Kencangkan baut cacing nya dan pastikan mengetuk cover lampu dan visornya sudah tidak terdapat suara getar. Pasang kembali konektor lampu depannya dan akan lebih baik jika dicoba nyala lampu depan. Dorong saja kanan kiri cover lampu depan sehingga klik dengan cover speedometer.


Simak video Batok lampu getar supra X 125 PGM FI di bawah ini.




Langkah terakhir dari perbaikan ini adalah memasang baut bautnya dan cobalah terlebih dahulu dengan mengetuk covernya apakah ada bagian yang getar. Hasil akan maksimal tentunya jika mesin juga dihidupkan dan dengarkan getaran yang ditimbulkan jika masih ada. Kemudian pasang kembali sepion sehingga tinggal pakai motornya...

Mudah kan Perbaikan Batok lampu getar supra X 125 PGM FI ini, jadi perbaikilah sendiri, DO IT YOURSELF

Bongkar dulu pasang kemudian..

No comments:

Post a Comment

Popular Post