Saturday, August 5, 2017

Cara Mengatasi Rem Cakram Berisik

Cara mengatasi rem cakram berisik pada motor matik dengan cara melakukan servis ringan pada kaliper rem cakram depan. permasalahan ini dimulai karena adanya partikel campuran pada kampas rem yang menyebabkan bunyi srek srek. keluhan ini sering kali dijumpai pada motor yang masih baru dikarenakan terdapat partikel seperti kuningan sebagai penambah daya pakem kampas rem tetapi mempunyai kelemahan sering menjadi penyebab bunyi srek srek. berbeda dengan motor yang sudah berjalan lama, permasalahan bunyi srek srek disebabkan oleh keringnya sliding antara braket dan kaliper sehingga pergerakan kaliper untuk membebaskan kampas dari piringan terhambat.

permasalahan rem cakram berisik merupakan permasalahan yang terjadi pada rem cakram. biasanya suara bunyi yang ditimbulkan oleh rem tidak mempengaruhi daya pengereman. kecuali pada kasus kampas rem yang habis hingga tinggal besi yang saling bersentuhan. apbila terjadi seperti ni maka perlu dilakukan penggantian kampas rem dan piringan.

simak juga artikel lain.
Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra
rem cakram depan motor bunyi gesekan krek krek

alat yang dibutuhkan untuk  Cara Mengatasi Rem Cakram Berisik  ini adalah, kunci sok 8 dan kunci L 8 bintang dan baan yang dibutuhkan adalah grease. langkah pertama yang penting dalam mengatasi rem cakram berisik adalah dengan mengendorkan baut panahan rem. dengan demikian tidak perlu memegangi kembali saat pelepasan kampas rem.

Cara Mengatasi Rem Cakram Berisik selanjutnya dengan membersihkan bagian kampas rem dari kotoran dan pertikel yang besar. kampas rem terdiri  dari partikel yang berfungsi menyebabkan efek kesat sehingga panas tetapi tidak mudah panas. akibatnya sering terdapat partikel sebagai penyusunnya yang dimensinya lebih besar sehingga mengganjal di piringan yang bisa menyebabkan bunyi.

Berikut video mengatasi rem cakram bunyi.



selain pada kampas rem, permasalahan rem cakram berisik juga dipengaruhi oleh seretnya braket kaliper ini. persinggungan di dalamnya sudah tidak lancar karena grease mengering dan sisanya menjadi kotoran yang menghambat pergerakan kampas rem terhadap pelepasan dari piringan. dalam penggunaan grease ini tidak diijinkan dicuci bagian manapun dari sistem rem menggunakan bensin atau sejenisnya karena akan merusak seal sealnya.

Rem bunyi karena berkeraknya braket hingga macet sperti video di bawah ini.


perlu diperhatikan pada saat memasang baut kaliper kunci bintang 8 terdapat kotoran hijau. ini merupakan grease khusus untuk menghaslkan kekuatan baut yang mumpuni tidak mudah mengendor agar tidak mengganggu kinerja pengereman. gunakan kampas rem orisinil agar hasil pengereman maksimal dan pula lebih awet. selain itu, alur keausan dari piringan juga tidak signifikan hingga melengkung. dengan pengggunaan kampas rem orisinil secara terus menerus maka roda akan tetap lancar ketika diputar dan memiliki daya pengereman yang bagus.

semoga artikel  Cara Mengatasi Rem Cakram Berisik   ini bermanfaat

instagram @rumputtekicannel

No comments:

Post a Comment

Popular Post