Saturday, July 15, 2017

memperbaiki rem cakram yang lengket

memperbaiki rem cakram yang lengket sebenarnya dipengaruhi permasalahan yang tidak sulit untuk perbaikannya. akan tetapi karena menggunakan sistem tekanan fluida dan pembongkaran sistem rem yang beresiko masuk angin menyebabkan ogah ogahan memperbaiki rem cakram. Padahal untk motor yang masih di bawah 8 tahun permasalahan yang dijumpai tidak seseram ini. permasalahan hanya sepele saja, seperti sliding braketnya macet, piston kotor, minyak rem kebanyakan, yang bisa dibongkar hanya dalam hitungan menit.

Permaslahan rem cakram yang lengket bisa dilakukan dengan perbaikan standar yaitu memastikan komponen pada sistem bergerak normal seperti, masuk keluar piston, sliding braket dan kalipernya, pergerakan tuas. perbaikan untuk permasalahan ini cukup dengan membersihkan dan memberi pelumas kembali di tempat yang dibutuhkan. dalam hal ini piston kaliper tidak dibutuhkan untuk dilumasi karena akan merusak seal.

baca juga artikel lain.

Setelah dilakukan servis rem standar pasti rem akan lebih mudah bergerak dan pengereman lebih pakem. akan tetapi ada pula permasalahan yang sering terjadi pada rem yang sudah berumur puluhan ribu kilometer misalnya seperti sliding macet, piston macet, atau pula piringan yang oleng. permasalahan ini harus diperbaiki dengan alat khusus, dan ketrampilan mumpuni juga. untuk permasalahan ini akan kita bahas pada kesempatan lain.

permasalahan yang sering ditemui untuk  memperbaiki rem cakram yang lengket pada kilometer rendah di bawah 50.000 km antara lain, misalnya sliding kering akan grease, piston kotor, atau yang banyak ditemui masalah sepel seperti kebanyakan minyak rem.

Merujuk pada masalah yang paling sering ditemui seretnya kampas rem cakram ini ketika dimundurkan. Kondisi normal pengereman tidak bermasalah dan pula pakem. Untuk mengatasi permasalahan ini cukup diservis dan diberi grease yang diperlukan. Cek video cara perbaikannya di bawah ini.


https://youtu.be/eokiEIb2ihc

pada tahap berikutnya, kampas rem depan cakram seret disebabkan oleh macetnya piston rem. beberapa titik yang perlu diperhatikan pada piston rem macet yaitu piaston rem berkerak atau berkarat. perbaikan cukup dibersihkan saja kemudian dikasih Grease sedikit untuk mengurangi proses pengkaratan lebih lanjut.

masalah selanjutnya yang menjadi human error' adalah penambahan  minyak rem ketika kampas rem tipis. ketika ganti kampas rem yang tebal maka minyak naik ke master dan mentok karena tidak ada ruang lagi. berikut video perbaikan ringan rem depan maju lancar mundur seret.



apabila langkah diatas masih mengalami seret pada rem depan maka perlu bongkar kaliper. permasalah bisa terjadi pada seal yang kotor atau endapan kerak minyak menumpuk pada kaliper.

Permasalahan minyak rem kebanyakan ini biasanya terjadi karena kelalain penambahan minyak rem pada kondisi minyak rem di master pada kondisi lower. menurunnya kapasitas minyak rem di master ini bukan karena minyak bocor melainkan sekedar turunnya minyak rem dikarenakan kampas rem yang mulai tipis. dengan penggantian kampas rem pasti minyak akan kembali naik lagi.



minyak rem juga membutuhkan penggantian yang bisa dilakukan setiap 2 tahun sekali. penggantian cukup mudah hanya dengan meghabiskan minyak melewati needle valve dengan menambah sedikit demi sedikit minyak rem ke dalam silinder master. penggantian selesai jika minyak rem sudah kembali ebrwarna bening. 

semoga artikel  memperbaiki rem cakram yang lengket  ini bermanfaat.


Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.online 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

No comments:

Post a Comment

Popular Post