Saturday, February 18, 2017

Tips Servis CVT honda beat lengkap

Tips Servis CVT honda beat  lengkap ini dibutuhkan oleh motor injeksi honda pada akhir akhir ini. servis cvt ini lengkap yang disesuaikan kelemahan dan kelebihan cvt honda akhir akhir ini sesuai dengan umur motor ini. setiap waktu tertentu setiap motor mempunyai kelebihan dan kelemahan tertentu. tips servis cvt honda beat ini bisa diaplikasikan untuk semua matic honda dan khusunya berkapasitas 110 cc seperti honda beat, vario, scopy, dll.

Pembersihan CVT dilakukan untuk membersihkan bagian yang bersinggungan agar pergerakan v belt tidak terhalang dan pastinya agar part lebih awet. pemberishan ini dilakukan setiap 8000 km sesuai jadwal servis di dalam buku perawatan berkala. memang adanya di setiap 8000 km ini sudah menumpuk kototran pada bagian roller, maupun kampas ganda. dan apabila dilakukan perawatan yang lebih dari 8000 km maka akan ada keausan berlebih pada bagian roller.

baca juga artikel lain

bagian yang perlu dibersihkan yaitu; v belt, roller, rumah roller, bos rumah roller, kampas ganda, rumah kampas ganda, ruang cvt. pengecekan penting adanya dilakukukan pada; keausan rumah roller, kausan kampas ganda, keausan v belt, keausan roller, kausan laher cvt, seal pulley belakang, seal as depan dan belakang, dll. pelumasan dilakukan pada; bos dan rumah rollernya, laher cvt, gigi kick starter.

perbaikan mur dilakukan untuk menunjang as belakang agar lebih lurus dalam pegerakan. hal ini merupakan hal penting dikarenakan mur yang miring dapat mempengaruhi kinerja mesin yang menjadi terasa getar. selain itu, bisa juga menyebabkan kausan yang cepat pada laher cvt. dan sebagai efeknya pula maka as belakang akan megnalami keolengan yang permanen. kemudianTips Servis CVT honda beat lainnya yang perlu diperhatikan adalah bos dan rumah roller dalam pemberian grease hanya secukupnya saja. pemberian grease yang berlebihan dapat mengakibatkan v belt selit. tidak diberi grease akan mempercepat kausan rumah roller dan bosnya. dalam kelanjutannya, rumah roller yang obal terhadap bos roller yang oblak dapat mempercepat keausan roller.

sebagai Tips Servis CVT honda beat lengkap pengecekan seal pulley belakang mutlak harus dilakukan, apakah pada badian kampas ganda dan rumah koplingnya terdapat rembesan grease atau tidak. jika terdapat grease merupakan grease dari pulley belakang jadi harus diganti. Grease yang berada pada rumah kampas ganda akan menyebabkan motor terasa getar ketika angkatan dari berhenti. untuk penggunaan jangka panjang, pernah terjadi hingga alumunium kampas ganda meleleh.

Tips Servis CVT honda beat lengkap ini dilakukan pengecekan yang penting lainnya pula adalah pengecekan v belt, jika terdapat keretakan pada v belt maka harus diganti. umur v belt ini hanya 24000 km jadi perlu 2 kali pengecekan saja dan ke tiga kalinya diganti v belt beserta rollernya. cek pula kondisi v belt dari kontaminasi grease. grease yang ringan bisa jadi grease yang berasal dari ruma roller. akan tetapi jika terlihat banya grease yan menempel pada v belt bagian dalam maka grease berasal dari seal pulley belakang.

cek video Tips Servis CVT honda beat lengkap




Tips Servis CVT honda beat lengkap lain yang perlu diperhatikan ketika melakukan pemasangan pulley adalah ring setelah bos rumah roller. part ini tidak didapati pada model mesin injeksi 110 cc yang belum ESP. pada mesn yang sudah ESP menggunaka ring besar ini yang dibutuhkan untuk mengapit pully kipas yang terbuat dari alumunium sehingga terjamin kekuatannya.

Permasalahan pada pemasangan tutup CVT pada bagian selang sering tidak pas. Padahal selang ini penting adanya karena salah satu selangnya merupakan selang pembuangan karburator. Jika selang ini tidak terpasang bisa saja bensin mengenai mesin. Jika tersumbat selang ini maka pembuangan bensin bisa bermasalah. Kemudian selang lainnya sebagai pembuangan kelebihan pengisian tengki juga sangat penting adanya harus terpasang dengan benar.

Pemasangan selang pembuangan karburator dan selang pembuanhan dari tangki ini bisa dilihat di video di bawah ini.



https://youtu.be/ORwz1RYFzl8

Permasalahan yang lebih serius kadang terjadi yaitu bocornya seal kruk as. Bocornya minyak di ruang cvt bisa menyebabkan roller menjadi aus tidak rata. Roller yang seharusnya berputar malah stuck di satu sisi disebabkan licinnya roller. Kondisi yang lebih parah bisa mengakibatjan v belt selip yang tentu saja tenaga akan melorot dan mempercepat keausan. Permaslahan ini bisa terjadi pada contoh video di bawah ini.



 https://youtu.be/L71n6-F-gsA

Juga masalah seal kruk as terjadi pada video ini.



silakan mencoba Tips Servis CVT honda beat lengkap ini pada motor sobat berlaku untuk semua motor matik honda 110 cc esp.

salam
bongkar dulu pasang kemudian

7 comments:

  1. min membersihkannya pake air boleh ga ? apa harus selalu pake bensin 😂
    atau ada cairan lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindari cvt dari bensin, kalopun memakai harus kering benar dan tidak berminyak. Untuk memberaihkan belt juga harus pake air mas... Biar kesat

      Delete
  2. dengan mebersihkan belt pakai air jadi lebih berisik karena kondisi menjadi kaku lg namun tenaga lebih besar ya mas? oiya untuk getaran faktornya dr pulley belakang ya antara mur nya itu ya atau dengan kampas gandanya kira kira kalo punyi seperti nguing2 gt tp kalu di gas hilang saat stasioner saja bunyi itu knapa yaa tp saat saya coba buka tutup cvtnya gt ya saya nyalakan itu gak terdengan suaranya kira2 itu knp ya? apa suara angin kluar karena dr paking bloknya ada yg terbuka atau sobek jd angin kluar dr sisi itu atau gimana makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneras dicuci jadi berisik tanda kesat lebih responsif tenaganya karena v belt bergerak stabil.
      Kalo masalah anginnya mungkin yang dimaksud ya ini lebih mantep jika dengan tanpa puli depan, jadi bisa tahu asalnya dari mesin atau cvt.
      Kalo diluar cvt angin lewat filter udara ada suaranya juga

      Delete
  3. Di bagian bawah blok cvt ada rembesan oli,apanya tuh yg harus di servis pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. seal kruk as yang palinh bnyak menyebabkan oli keluar dari situ

      Delete
  4. Mas, tanya dong
    Pulli blakang k44 bisa masuk ga ke motor k81?
    Buat beat sporty maa
    Trims

    ReplyDelete

Popular Post