Tuesday, February 28, 2017

cara membuka baut yang slek pada motor

cara membuka baut yang slek pada motor kerap dibutuhkan pada motor yang sudah tua. kepala baut yang sudah mulai slek  dan gundul kerap menjadi masalah ketika akn membuka bagian bagian sepeda motor. salah satu yang menjelkelkan adalah baut karburator yang slek. setelah melepas karburator yang terdiri dari beberapa baut dan tentunya kabel gas dan selang bensin beserta chokenya ketemu baut macet pada tutup karburator pasti akan mengecewakan kalo tidak jadi dibuka.

Tiada alasan lagi haruslah karburator dibuka ketimbang mubazir. baut yang hingga gundul pada kepalanya dapat diakali dalam pembukaannya. baut ini seharusnya tidak dikencangkan sekencang ini. seharusnya sekuat pegelangan tangan saja untuk mengecangkan baut pada karburator, baik baut penutup plusnya ataupun baut pemegang karburator. selain sulit dalam pembukaan, pengencangan baut yang diluar ketenteuan akan menyebabkan part berkurang ketebalannya dan adapula yang hingga menjadi bengkok. contohnay pada motor grand dan supra 100 sudah banya yang bengkok pada mur batu 8 pada manifoldnya. dan begitu pula dengan baut karburator pada tampungan bensin ini akan pula melengkung jika pengencangan terlalu besar.

simak juga artikel lain

Alat yang dibutuhkan sabagai cara membuka baut yang slek pada motor khusunya karburator ini adalah menggunakan tang. gerigi yang masih tajam pada tang bisa mencengkeram baut secara kuat. Akan tetapi trik ini mempunyai kelemahan yaitu ketika baut pada karburator teralalu masuk akibatnya tidak terdapat ruang gerak tang.

untuk membuat baut menjadi lebih kendor apabila telah digunakan tang tidak berhasil maka dibutuhkan T8 untuk mengetok kepala baut. Ketok kepala baut ini mempunyai fungsi untuk mengembalikan bentuk baut dan pula memberikan kerenggangan antara part yang diapit oleh baut ini. gunakan kembali tang atau bila ada gunakan mata ketok kecil yang bisa digunakan sebagai jalan keluar terbaik.

cek video cara membuka baut yang slek pada motor di bawah ini.


Kepala baut plus yang yang sudah mulai slek ini dapat dibentuk kembali dengan mengguakan mata obeng ketok kecil. penggunaan mata ini cukup menggunakan kunci T, tidak perlu menggunakan obeng ketok karena tidak sesuai dengan ukuran karburator yang kecil. masalah yang timbul adalah, tidak ada pemegang untuk karburator dan bisa mengakibatkan kerusakan fatal.

cara membuka baut yang slek pada motor ini menggunakan kunci T untuk memutar mata ketok. dengan menempatkan karburator pada tempat yang aman, tekan dan putar kunci sekuat tenaga maka hasilnya pasti baut akan terlepas. lakukan hal serupa dengan membentuk mebali baut plus ini menggunakan mata ketok kecil yang diketok menggunakan kunci T pada semua baut yang mengalami macet.

Pada kasus lain yang lebih mudah, dengan menggunakan palu untuk membuat deformasi gada baut bisa langsung lepas dengan mudah seperti video  di bawah ini.



banyak terjadi keluhan macet pada klem throttle body atau pada karburator. baut plus pengikat klep untuk menghubungkan throttle body sering kali macet sehingga menyusahkan pemasangan. kalo sekedar melepas saja muda tinggal congkel pakai obeng minus pasti karet terlepas. lebih jelas tonton videonya di link official youtube kami berikut.

https://youtu.be/20OlbcpcnHU

Permasalahan lain yang sering mengalami baut keras hingga kepala baut sampai gundul juga sering ditemuai di bagian master rem cakram. permasalahan ini terjadi karena minyak rem dapat menyebabkan terjadinya karatan pada bagian baut ini. untuk melepas baut yang macet dengan kondisi kepala yang gundul juga bisa menggunakan obeng kepala obeng ketok ini. untuk cara membuka baut master rem di bawah ini.

Recomendasi Obeng Baut Macet



Permasalahan baut macet atau dol terjadi pula pada ulir busi. Busi yang sering dibuka pada kondisi panas sering bermasalah. Bukan karena bahan menjadi empuk tetapi karena busi yang panas dipasang dengan kunci busi secara langsung. Pemasangan seperti ini sering kali bikin pemasanamgan busi menjadi miring. Akibatnya ulir silinder head jadi rusak.

Pemasangan yang benar seharusnya busi dipasang secara langsung tanpa perantara. Dan untuk perbaikan yanh dilakukan digunakan alat yang disebut tap baut. Alat tap ini tersedia dalam paket sebungkus isi 3 sama ukurannya seharga 50.000 rupiah. Namun, perbaikan ini masih dilakukan dengan pengalaman saya selama dibengkel dengan busi bekas yang digerinda 3 sisi aehingha mirip dengan tap.

Berikut ini cara perbaikan ulir busi yang rusak.



Baut oli juga sering mengalami dol pada ulir. Kerusakan ini sering sekali terjadi, dikarenakan oleh penggunaan ring baut oli yang sidah gepeng selalu digunakan padahal ring alumunium ini sekali pakai. Lainnya lagi keruskan terjadi karena kondisi mesin panas tetapi dilakukan pelepasan dan pemasangan dengan moment berlebih.
Selain busi macet juga ada kasus busi patah. Ulir tertinggal masih kencang di lubang businya sesangkan busi sudah patah terlepas. Cara lepasnya gak perlu bongkar mesin cukup diketok saja pake obeng min dan benda tumpul lain. Berikut ini cara melepas busi patah tanpa turun mesin.


Berikut ini cara mengakali baut tap oli yang dol.



Hanya dibutuhkan solatip sebagai sealer oli dan plat sebagai pengencang. Dua hal tersebut sudah memenuhi syarat sealtape sebagai ring alumunium dan ulir dol digantikan plat penahan. Panjang plat dan bos 0,9 mm, panjang plat maksimal 5 cm dengan lubang dititik 3,5 cm. Penggunaan plat bisa dibolak balik tergantung kondisi, agar dapat menekan dengan baik. Penggunaan plat dari bahan kampas rem depan yang tentu sudah ada lubangnya, sedangkan bosnya bisa menggunakan bos shock belakang.

selamat mencoba artikel cara membuka baut yang slek pada motor ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular Post