Friday, February 10, 2017

cara membedakan oli asli dan palsu

cara membedakan oli asli dan palsu. beberapa teknik paling jitu untuk membedakan oli mesn yang asli dan palsu, dari trade mark, nomor produksi hingga isi olinya memiliki kriteria yang harus dipenuhi jika oli tersebut asli. oli palsu ini memiliki harga yang murah sehingga disukai oleh para bengkel yang menginginkan laba besar. saya sendiri di daerah magelang, notabene kota kecil, peredaran oli palsu ini sudah banyak dari toko terkenal hingga menuju bengkel pinggir jalan. dengan demikian, sebagai smart buyer harus memperhatikan cara membedakan oli asli dan palsu.

pemilihan oli yang baik tentu saja seuai penggunaan dan keinginan konsumen. jika menginginkan tenaga yang enteng penggunaan oli sintetik disarankan akan tetapi oli mineral dengan tenaga yang sedang bisa lebih mengawetkan motor. dan paling penting adalah penggantian oli yang rutin setiap 2000 km dan pastikan oli yang di pakai adalah orisinil alias asli. 

baca juga artikel lain

oli asli kini dilengkapi dengan kode produksi yang tertempel pada botol dan tutupnya. kode ini harus sama antara botol dan tutup tetapi oli palsu pun kadang masih memiliki kode yang sama. akan tetapi kode ini buka berbentuk kode laser akan tetapi mirip dengan tinta. Jika sobat tidak yakin dengan hal ini maka di cek kembali dari konsisi tutup botolnya apakah terdapat rembesan oli atau tidak. Jika terdapat rembesan oli sebaiknya jangan dibeli.

kemudian lagi yang penting dalam membedakan oli asli atau palsu yaitu dari bentuk lubang pengintai samping botol. botol asli bahwasannya pengintai ini lebar tetapi jika oli palsu memiliki lubang pengintai yang lebih kecil.

Oli asli yang wadahnya berbeda juga ada. Seperti video di bawah ini.



oli palsu memang menghawatirkan, selain dari kondisi botol juga di indikasi kan dari warna oli. oli asli cenderung kekuning-kuningan sedangkan oli palsu cenderung ke warna pink. apabila oli asli dan palsu didekatkan maka terlihat warna yang beda mencolok.

setelah penggunaan oli palsu pun biasanya banyak menghasilkan gelembung busa. anti deterjennya tidak bagus. sedangkan oli asli pasti  tiada busa karena memang kualitas bagus sangat diminimalisir menghasilkan busa.

namun demikian, banyak pertanyaan dari sobat-sobat YouTube tentang oli yang sering berubah warna ketika penggunaan KM tertentu. warna olive biasanya mengikuti warna dari bahan bakar yang digunakan. maka akan tampak jika oli yang menggunakan pertalite atau Pertamax akan sedikit ke biru kehijauan dan apabila menggunakan Pertamax turbo maka akan menjadi ke merah merahan.

untuk motor Honda sendiri selama ini sering terjadi seperti itu namun demikian bukan berarti itu suatu fuel dilution. dari jumlah oli menurun tapi tidak bertambah seperti halnya fuel dilution. namun banyak yang mengkhawatirkan dengan kondisi berubah warnanya ini tetapi hal ini aman dipastikan dengan jumlah oli yang pasti berkurang dari jumlah awalnya.

berikut ini oli mpx2 yang dikuras ada 2 buah motor matic yang berbeda tipe dan warna nya sama sesuai dengan warna bahan bakar yang digunakan.



Kemudian penggunaan oli asli dari AHM ini bisa berumur panjang, selain video diatas sebagai contoh vario, di bawah ini honda beat new 2018 telat hingga 5000 km lebih tapi jumlah oli masih 600 ml.



Penggunaan oli mesin sekitar 3 bulan dengan jangkauan 5000 km maka dikategorikan mobilitas tinggi. Namun demikian, hal ini juga dipengarui oleh kondisi mesin yang masih baik. Akan berbeda halnya jika mesin sudah mengalami kebocoran twntu saja gak bakalan bertahan selama ini.

alternatif oli yang bisa dipakai selain oli bawaan motor yang masih satu produsen yaitu idemitsu. diketahui bahwa produsen oli ini mensuplai beberapa oli untuk pabrikan motor honda seperti mpx2 dan mpx1. kedua oli ini menjadi andalan untuk motor reguler dari low end, middle end sampai dengan hight end  tentu saja harus ditopang produsen yang mumpuni yaitu idemitsu. berikut ini oli buatan idemitsu yang menjadi sorotan sebagai pioner oli yang menjadi colega satu kelas untuk mpx2.



sebagai pemungkas, harus mengecek kondisi oli dalam botol. perhatikan sisa oli yang terdapat pada dasar botol. oli yang palsu akan terdapat endapan bram atau kotoran pada dasar botol. Ada bengkel yang sering mengocok oli terlebih dahulu. hal ini dilakukan untuk niatan menghilangkan endapan kototan pada dasar botol. sebaiknya soat perlu berhati hati terhadap bengkel yang demikian.

lihat video cara membedakan oli asli dan palsu biar lebih atraktif
Mohon maaf untuk sementara video tidak tersedia. pembahasan dilanjutkan pada video di bawah ini.

Selain asli dan plasu juga diperhatikan nih, kode pada oli motor juga. ini ulasan singkat tentang oli AHM MPX2 dan YAMALUBE MATIC. bagaimana kedua oli ini jika ditandingkan dari segi kekentalan, kualitas, dan daya tahannya?



Berbagai macam produk yang berbeda mungkin sangat bisa dibuat oleh pabrik oli yang sama, seperti mpx2 dan mpx1 diproduksi oleh Idhemitsu yang dipasaran juga mempunyai oli yang kualitas dan kekentalannya sama tapi berbeda bahan dasar.

Beberapa oli terkenal dengan nama yang besar tapi tidak ddicantumkan produsen pembuatnya. Cek video di bawah ini oli apa saja yang tidak jelas pembuatnya dan kadang pembuat oli menjadi vendor untuk beberapa produk.



selain oli mesin dengan kekentalan 10w-30, ternyata buat motor matik ada yang kekentalannya 20w-40. oli ini sangat cocot untuk motor motor yang sudah berumur yang membuthkan kerapatan antar part lebih kenceng lagi.



Harga dari Rp.32.000,- s.d Rp.38.000,-
kualitas API SL kekentalan 20W-50
Oli Ini mefokuskan pada perawatan dan hemat bahan bakar
dengan tambahan fitur added perfume alias oli dengan tambahan parfum.

Masih ada oli lain dengan kekentalan 20w-50 selain federal ultratec dan SGO yaitu yamalub adventure. oli ini berlogo super 731 yang dimaksudkan ketahanan yang maksimal di kondisi ekstrim yaitu tingkat panad tinggi. keketalan secara fisik lebih kendal dibanding SGO dn pula tentunya federal. Namun dmikian kualitasnya masih sama API servis SJ. videonya sebagai berikut.
https://youtu.be/fGkHHcdEbmU

Beberapa motor memiliki kapasitas yang belum pasti sama dengan jumlah per botolnya. seperti Genio yang paling sedikit hanya 640 ml, kemudian beat fi 700 ml, berbeda dengan botolan mpx2 yang 800ml. demikian pula dengan CB150R lawas 1 liter pas tetapi berbeda dengan mesin CB150R-sonic-GTR yang memakai 1,1 liter. nah ini 100 ml nya beli satu lagi sebotol? tidak perlu kawatir karena sudah ada mpx1 dan spx1 yang isinya 1,2 liter. sisa dikit lah, tapi tetap saja masih beda sama peruntukannya. video di  bawah ini.



berikut kapasitas oli Honda Genio, sisa oli mesinnya bisa buat 2 kali ganti oli gardan.



demikian artikel cara membedakan oli asli dan palsu semoga bermanfaat,

salam,
bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post