Thursday, February 16, 2017

cara ganti laher bearing roda motor dengan benar

cara ganti laher bearing roda motor dengan benar dilakukan dengan teknik yang benar tanpa alat yang mumpuni. hal penting yang perlu diperhatikan adalah asal dari kerusakan. bisa dilihat dari kondisi laher bearing yang terkena kausan dari karat atau tidak. karat ini berasalah dari seal roda yang tidak rapat lagi sehingga air bisa masuk. pemasangannya pun harus benar bahwasannya tidak diperbolehkan memukul bagian dalam. jadi hanya bagian luar dari laher bearing saja.

Pemilihan merk laher juga merupakan kriteria memilih cara ganti laher bearing roda motor dengan benar. Laher dengan harga rendah pasti memiliki kualiatas yang rendah sehingga dibutuhkan tambahan grease yang baik agar keawetannya lebih baik. Dengan laher yang baik reputasinya maka dibanderol pula degnan harga yang mumpuni. Diantara leher roda yang baik, maka pilihlah yang terdapat tutupnya. tutup ini menandakan bahawa laher ini diperuntukkan untuk bagian luar mesin. sedangkan untuk laher yang tidak terdapat tutupnya dipastikan itu untuk mesin dimana sudah terdapat oli untuk melumasi laher tersebut.

baca juga artikel lainnya
Ratusan permasalahan getaran matic selesai diperbaiki
cara membedakan oli asli dan palsu 
Dont worry kelemahan honda beat Injeksi 2017

permasalahan laher bearing roda depan yang oblak dapat dirasakan ketika dikendarai. Pengendaraan yang terasa goyang, roda depan yang terasa bunyi, pergerakan kemudi yang terasa tertarik ke arah kanan atau kiri, merupakan diantara permasalahan laher roda depan oblak. Terkadang rem depan juga menjadi bunyi dikarenakan leher bearing yang rusak.

Pelepasan laher roda depan bisa menggunakan tuas kunci T 8 atau 10, biasanya ukuran tuas ini sama dengan ukuran as roda depan. pilih bagian dari velg yang lebih longgar sebagai laher bearing yang akan dilepas terlebih dahulu. untuk roda depan, bagian cakram terdapat pemegang bos bearingnya sehingga bagian cakram ini lahernya dilepas belakangan.

Pada pemeriksaan awal pastinya roda akan terasa pergerakan secara aksial (bahasa awamnya gojak kanan kiri). pastilah kerusakan pada laher tapi tidak menutup kemungkinan kerusakan pada tromol pula alias dudukan dari laher itu sendiri yang sudah aus. tidak semua laher kanan kiri mengalami kerusakan pada roda yang gojak. dan hal ini sering terjadi bahwasannya laher hanya rusak sebelah saja.

Pada kondisi yang urgent - ketika isi kantong familiar - penggantian bisa dilakukan hanya sebelah saja. pemilihan laher yang rusak bisa dilakukan dengan menggunakan as roda yang dimasukkan ke dalam laher roda sehingga akan terasa pergerakan yang gojak tentu pada laher yang rusak. dengan demikian bisa dilepas laher yang mengalami kerusakan lebih parah.

Untuk lengkapnya cek video cara ganti laher bearing roda motor dengan benar di bawah ini.


Langkah pemasangan cara ganti laher bearing roda motor dengan benar dilakukan dengan alat yang benar pula. perlu dicek kondisi dari dalam velg apakah terdapat karat yang disebabkan masuknya air. air ini disebabkan oleh seal bos roda depan yang mengalami keausan. pembersihan karat yang disebabkan air ini harus bersih dan kering. sebelum dilakukan pemasangan bearing.

Tempat untuk memasukan laher bearing roda depan harus tepat pada bagian bantalan luarnya. dan pemasangannya pun harus diperhatikan jangan sampai ada kemiringan. Setelah masuk hingga mentok akan timbul suara yang lebih pelan. suara pelan ini merupakan tanda bahwa laher sudah maksimal. Hal ini merupakan tanda bahwa pemasangan sudah baik. 

Perlu diperhatikan bahwa dalam pemasangan laher yang benar tidak selalu mulus. Kadang terdapat maslah sepertti kotoran oyang menyebabkan bos tidak tertekan atau panjang bos yang terlalu pendek atau terlalu panjang. JIka terdapat masalah seperti ini, tujuan utama dari pemasangan bearing dengan benar adalah bos lahernya terpegang oleh lahernya dengan baik. tidak terlalu keras yang menyebabkan pergerakan laher terhambat juga tidak bebas yang menyebabkan kerusakan laher lebih cepat. jadi pemasangan laher yang baik adalah jika bos dipegang baik oleh laher bearing dan pula tidak berat pergerakan dari laher ini.

Review berikut tentang laher KW seperti Federal bisa awep pula dengan harga yang terjangkau asal mmpunyai kriteria di bawah ini.



silakan dipilih laher yang baik ditandai dengan harga yang sebanding pula, dan pastikan catatan di atas terpenuhi agar laher roda depan bisa awet.

Pastikan pula bahwasannya tidak ada part yang rusak tanpa alasan. demikian pula dengan laher roda. berbagai masalah yang bisa mempercepat keausan dari laher roda bisa kunjungi artikel di bawah ini.
penyebab laher roda cepat rusak

semoga artikel cara ganti laher roda ini bermanfaat!
salam
bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post