Tuesday, December 6, 2016

Cara Pembersihan CVT Matik Honda


Apabila motor terasa kurang tenaga sedangkan konsumsi bahan bakar boros sementara servis selalu rutin. Sangat mungkin cvt sudah waktunya untuk diservis. Perawatan cvt dilakukan setiap 8000 km. Pembersihan dilakukan secara periodik sebelum penggantian pada km 24000. Perawatan ini berlaku untuk semua Honda matik dari injeksi esp antara lain; beat, vario, scoopy, spacy, vario 125, vario 150, dan pcx. Apabila perawatan dangan cara ini dilakukan dengan benar maka roller tidak akan cepat aus. Indikasi ini dijadikan patokan untuk menentukan keausan dari rumah roller.

baca juga artikel lainnya

Trik bikin gas vario lebih enteng dan responsive

Cara menurunkan shock depan semua honda bebek dan matik

Perawatan maanual scoopy injeksi  

Di dalam rumah roller terdapat bos sebagai tumpuan pergerakannya. Persinggungan kedua komponen ini dilapisi grease yang berfungis sebagai pelumas. Pelumas ini akan mengering sehingga perlu dilakukan perawatan. Perawatan pemberian vaselin ini sangat efektif jika dilakukan setiap 8000 km. Hal ini disimpulkan dari pengalaman team bongkar dulu pasang kemudian bahwasannya perawatan ini bila terlewat lebih dari 8000 km maka keausan yang terjadi pada roller amat buruk.

kondisi yang disebabkan kurangnya servis cvt mengakibatkan bunyi klotok klotok ketika angkatan dn lorot gas. hal ini merupakan efek dari puli depan yaitu pieceslide gojlak. pieceslide gojlak pasti dibarengi roler yang ada peyangnya dan pula pengecekan keausan antara bos dan rumah roller. semakin lebar maka kerusakan pieceslide dan roller akan semakin cepat aus.

berikut ini merupakan keausan klasik ada cvt honda beat.



berikut ini cara servis cvt agar awet dan bertenaga.



Beberapa tempat yang harus dipastikan bersih dari debu antara lain: rumah roller, bos rumah roller, roller, drive belt, kampas ganda, rumah kampas ganda, gigi stater kaki dan tentunya poros belakang. Tutup cvt dam crankcase L akan lebih baik jika dibersihkan untuk pemanis. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa pembersihan ini jangan sampai mengenai seal poros engkol dn poros belakang. Debu yang mererap ke sealnya tentu akan mengakibatkan kebocoran.

Pemeriksaan pada bagian cvt diantaranya keausan persinggungan rumah roller dan bos rumah roller. Persinggungan yang diijinkan antara bos movable dan face movable comp ini cukup digerakkan dengan kedua tangan, dengan feeling saja cukup. Bilamana terdapat karat pada persinghgungan ini maka keausan sudah parah dan apabila tenaga akselerasi ngedrop pastilah bisa disimpulkan keausan kedua part ini sudah diluar limit dan haruslah diganti.

Keausan kampas ganda juga perlu pengecekan. Bisa dilihat pada tingi kampas ganda. Rumah kampas ganda juga bisa mengalami keausan. Indikasinya, apabila terdapat keausan yang bergaris atau ngantong. Dan haruslah bagian ini kering. Bilamana terdapat minyak maka dapat dipastikan seal pada movable driven face nya rusak, dan harus diganti. Apabila terdapat kontaminasi grease pada bagian dinding balakang movable driven face maka perlu dilakukan pembongkaran. Kemungkinan yang terjadi adalah o ring nya terjepit dan sobek. Hal penting yang perlu diperhatikan bahwa, grease pada movable driven harus ada. Kerusakan jika kering maka akan melukai poros driven face dan persingungannya terhadap movable driven. Jikanterjadi hal ini maka seal baru akan cepat rusak. Dan dengan oblaknya driven fave ini akan mengakibatkan v belt cepat aus. Mengapa demikian? Tekanan driven face dan movable driven face tidak merata terhadap drive belt. 

Untuk mengecek laker driven face cukup mudah, hanya dengan memutar roda belakang dengan sebelum pembongkaran. Suara yang mendengung yang keras menunjukan keausan laker yang perlu penggantian. Jika bersuara tetapi tisak mengganggu tidak perlu diganti karena laker yang rusak ini tidak berakibat fatal.

Bilamana terdapat kontaminasi grease pada gigi gigi drive belt maka kerusakan berasal dari seal movable driven dace. Dan apabila terdapat kontaminasi karat maka keausan terjadi pada movable drive face. Apabila drive belt aus berlebihan, hingga putus sebelum 24 rb km. Maka keausan pada persinggunangan driven face dan movable driven face penyebabnya. 

Bagian yang perlu dilumasi antara lain, bos roller dan rumah iroller, laker driven face, laker dinding dan gigi kick starter. Di persinggungan rumah roller dan bos roller ini sangat penting untuk diberi pelumas agar tidk mudah aus. Keausan pada bagin ini akn mengakibatkan tenaga berkurang pada akselerasi. Laker driven dilumasi untuk dimaksudkan bahwa bagian ini bersih dan cukup grease sehingga tidak mudah aus. Pada gigi kick starter hanya bagian per penahan dan poros yang masuk ke tutup cvt. Pelumasan pada gigi persingungannya malah akan membuat debu menempel dan mudah macet. Grease yang digunakan adalah honda genuine part. Keunggulan grease ini adalah tidak lengket layaknya roatri grease dipasaran. Sekarang sangat mudah mendapatkan grease ini hanya 10 ribu perak. Bisa digunakan hingga 5 kali jika tanpa pemberian grease pada movable driven face.

Lebih jelas bagian cvt yang harus dilumasi pada video di bawah ini.



untuk motor terbaru tahun keluaran 2019 seperti Honda Genio memiliki karakteristik yang mirip dengan Vario 125 terbaru daripada Honda beat yang CC nya sama.  Belt bergerigi luar dalam dan rollerpun dimensinya mirip Vario 125 LED. selain itu, ruah roller dan bahkan kipas mirip dengan Vario LeD. namun demikian piecslide sama dengan Honda beat, sehingga penyakitnya juga sama. Berikut ini servis CVY Honda Genio.




Hanya dengan menggunakan kunci T8 buat membuka cvt ditambah dengan obeng plus sebagai tambahan membuka sudah bisa merawat cvt. Kenali bagian yang membtuhkan pelumasan dan gunakan grease CVT sebagai pelumasnya.

Moment yang dianjurkan dari poros roda belakang adalah 49 dan depan adalah 60. Untuk bagian belakang mungkin bisa dikurangi untuk menghindari efek mur yang tidak rata. Keolengan ini bisa mengakibatkan getaran pada kecepatan 40 km/jam s.d. 60 km/jam. Untuk bagian depan bisa ditambahi hingga 70 untuk mengurangi penyusutan drive face yang terbuat dari alumunium. Kadang dengann pembersihan setiap 8000km, mur depan sudah turun momentnya hingga dibawah 20.

Pengencangan turup cvt sangat dianjurkan dengan aturan yang benar. Dan perhatikan perpak apakah sudah terpasang dengan benar. Perpak yang terpotong harus dilem sehingga mudah pemasangannya. Apabila perpak yang terpotong ditinggal, bisa saja turup cbt bisa retak akibat pengencangan dari baut baut tutup cbt nya. Langkah terakhir yaitu gunakan kick starter untuk mengetahui part terpasang dengan baik.



Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.com 

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post