Monday, January 2, 2017

Perawatan Manual Scoopy Injeksi


Perawatan maanual scoopy injeksi dilakukan setiap satu minggu sekali atau bisa dua minggu sekali tergantung dari penggunaan motor. Injeksi honda sebenarnya mudah dalam perawatan. Kemudahan ini bisa dilakukan secara mandiri di rumah hanya dengan alat yang tersedia dari bawaan motor. Tentunya bisa dilakukan lebih baik lagi jika digunakan alat yang mumpuni. Akan tetapi untuk mempermudah sobat semua untuk mengecek motor agar tetap aman dan nyaman maka alat yang digunakan di sini secukupnya saja.

Alat yang digunakan antara lain obeng plus kecil, kunci pas 10 -12, tang, oli bekas, dan pompa manual. Bisa juga menggunakan tambahan seperti pas 10 lagi dan 12 ring. Dan juga penting adanya jika menggunakan pompa yang ada pengukur tekanan angin masih bekerja dengan baik. Tekanan pompa yang berlebih akan membuat motor tidak nyaman dikendarai dan jika terlalu lemah maka akan menyebabkan kausan yang tidak rata pada ban.

Pengecekan dilakukan pada titik titik berikut ini.
-          Spelleng atau main bebar handle gas
-          Rem depan dan rem belakang
-          Keolengan dan oblak roda roda
-          Oli mesin
-          Oli gardan
-          Filter
-          Lampu lampu
-          Putaran stasioner
-          Tekanan angin ban

Sedangkan pelumasan dilakukan pada titik titik berikut ini.
-          Handle gas
-          Tuas rem depan dan belakang
-          Footstep belakang
-          Setandar samping dan setandar tengah
-          Kunci kontak

Mari kita bahas satu persatu part yang bisa dilakukan perawatan untuk motor scoopy fi ini agar performa tetap terjaga sehingga nyaman dan aman untuk dikendarai.

Dengan hanya setutup botol oli bisa melakukan peeawatan motor sobat sehingga motor lebih nyaman. Dan hal yang lebih penting motor menjadi lebih aman.


Penyetelan gas pada umumnya terdapat pada kabel gas di bawah handle gas. Pada scoopy injeksi ini terdapat dua buah gas yang bisa dilakukan penyetelan. Penyetelan akan lebih baik menggunakan kunci pas 10 dua buah. Jika hanya memiliki sebuah bisa menggunakan tang. Putar kekanan untuk memperbesar freeplay dan putar kekiri untuk memperkecil freeplay. Setel freeplay atau main bebas untuk semua injeksi ESP yang sama ini hingga sisakan sedikit saja sesuai keinginan sehingga gas lebih responsif. Penyetelan lebih lanjut bisa dilihat di video ini atau tautan ini


Lakukan perawatan untuk menambah pacuan mesin scoopy injeksi dengan memeriksa kondisi oli mesin. Oli mesin yang berkurang dan menghitam akan mengurangi tenaga pula mengurangi keawetan mesin. Periksa ketinggian oli dengan colok olinya dan periksa kondisi olinya. Oli yang baik tentunya warna masih kuning kecoklatan dan bila di rasakan masih licin. Bersihkan kotoran yang menempel pada seal dan lubang oli dengan baik.

Periksa kondisi oli gardan. Oli gardan honda scoopy injeksi ini bertahan hingga 8000 km tetapi tentu akan lebih baik jika dilakukan berkala. Oli gardan ini hanya berisi 120 ml dan bisa digunakan oli mesin untuk substitusinya.

Penggantian oli gardan dan oli mesin simak video bawah ini





Dalam meningkatkan performa mesin honda scoopy yang berkapasitas 110 cc ini bersihkanlah filter agar kenaikannya signifikan. Pembersihan dengan air gun tidak diijinkan karena kotoran akan semakin menempel pada kasa. Pembersihan yang aman hanya dengan di ketok ketokkan pada lantai maka kotoran pada filter akan terjatuh. Gantilah dilter setiap 16000 km karena pada titik ini filter sudah kotor dan layak penggantian. Pelubangan filter tentu tidak diijinakan karena debu akan menutupi sensor sensor pada thottle body. Selebihnya kotoran ini akan mengotori ruang bakar dan akibatnya motor akan hilang kompresi. Dan alhasil dengan pelubangan filter akan mengakibatkan motor sering macet dan sulit untuk dihidupkan kembali.

Penyetelan rem depan sudah otomatis karena sudah menggunakan rem cakram. Pengecekan kausan kampas rem bisa dilihat dari ketinggian minyak rem pada master rem. Jika ketinggian minyak rem tidak lebih dari setengah dari lubang berbentuk lingkaran ini maka dipastikan masih tebal. Untuk rem belakang bisa disetel dengan memutar mur 14 yang terdapat pada ujung kabel rem. Putar kekiri untuk mengecilkan main bebas tuas rem kiri ini. Kausan pada kampas rem belakan bisa dilihat dari tonjolan pada paha rem dan coakan segitiga pada mesin. Jika kedua tanda ini bertemu maka segeralah dilakukan penggantian rem belakang.

Penyetelan rem yang baik adalah ketika tuas rem belakang ini nyaman direm yaitu tepatnya dengan posisi rem parkir bisa difungsikan. Untuk motor scoopy injeksi ini rem yang digunakan bukan comby brake sehingga penyetelan lebih mudah. Rem belakang yang semakin aus akan menyebabkan rem kiri dalam. Akibatnya rem parkir ringan digunakan tetapi rem parkir ini tidak mencengkeram roda belakang. Dengan demikian rem parkir tidak berfungsi. Dengan memutar mur 14 kenanan maka tuas rem parkir akan semakin berat sehingga rem parkir akan berfungsi. Penyetelan yang baik adalah ketika sobat kuat mengaktifkan rem parkir.

Perawatan honda scoopy yang bisa dilakukan lainnya dengan memeriksa roda roda dari keolengan dengan memutar roda baik depan maupun belakang. Periksa putaran ban kemudian putar kembali untuk mengecek putaran velg. Periksa kerusakan laker dengan menggerakkan roda secara aksial kanan dan kiri. Periksa pula tekanan ban roda depan dan belakang. Tekanan yang standar adalah 29 psi untuk roda depan dan 33 untuk roda belakang. Apabila motor sering digunakan sendiri akan nyaman jika tekanan roda depan 23 psi dan roda belakang 25 psi. Motor scoopy ESP sudah dilengkapi ban tubeless sehingga lebih aman tentunya jika terkena paku di jalan. Untuk lebih memaksimalkan fungsi dari ban tubeless ini maka sebaiknya ban dimasukkan cairan anti ranjau.

Lakukan perawatan scoopy lainnya dengan periksa laju pergerakan stang ke kanan dan kekiri. Motor scoopy ini dan kebanyakan motor injeksi honda matik lainnya memiliki kesamaan kecenderungan komstir. Komstir ini cenderung akan mengencang, karena seringnya mur mengendor dengan sendirinya. Oleh karena itu, belokan stang tidak maksimal sehingga perlu tenaga untuk memaksimalkan pergerakannya. Ketika berbelok maka akan terasa berat dan sering pula bergoyang. Maka penyetelannya cukup mengencangkan mur bawah pada komstir. Untuk penyetelannya lebih lanjut kunjungi tautan ini.



Namun demikian kondisi motor scoopy yang menggunakan kaki kaki ring 12 tidak berhent pada komstir saja masalah goyang di stang. Ban ini besar dan juga lebar untuk menopang beban yang sama dengan velg ring 14. Akibat 
Yang terjadi ketika ban mulai aus, stang motor seperti seperti mau belok2 sendiri ketika kecepatan rendah. Berikut ini ulasan dan cara mengakali keluhan stang berat honda scoopy r12.


Langkah selanjutnya untuk mengentengkan pergerakan tuas tuas maka perlu dilakukan pelumasan pada titik titik penting. Titik penting pada honda scoopy injeksi ini antara lain; handle gas, tuas rem, dan standar samping. Dan dianjurkan untuk melakukan pelumasan pada semua tempat sesuai poin di atas.

Simak videonya secara lengkap di bawah ini

Cek lampu lampu dan tentunya cek putaran mesin stasioner. Putaran mesin stasioner sangat penting dilakukan karena memiliki banyak fungsi yang penting. Selain untuk memfungsikan mode ISS, putaran stsioner standar juga dapat mengawetkan bagian CVT, seperti; drive belt, roller, piece slide, dll. Putaran mesin stasioner antara 1600 s.d. 1800 rpm atau bisa diindikasikan dengan berputarnya roda belakang. Jika roda belakang tidak ikut berputar maka rpm mesin masih terjaga di bawah 1500 rpm.

Untuk melakukan penyetelan stasioner honda scoopy injeksi dan ESP ini dengan memutar penyetel plastik pada throttle body. Putar penyetel ini ke kanan untuk mengecilkan dan putar kekiri untuk memperbesar putaran stasioner. Penyetelan standar baut penyetel ini adalah dua lebih seperdelapan putaran.

Beginilah artikel tentang Perawatan Manual Scoopy Injeksi ini, semoga bermanfaat.

salam
Bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post