Friday, December 16, 2016

Perbaikan saklar lampu depan honda matik beat

Lampu kadang mati kadang hidup disertai tombol atau saklar lampu utama ( switch dimmer ) panas maka itu merupakan gejala saklar lampu utama depan meleleh. Bisa diperbaiki jika dalam kondisi belum rusak parah.oleh karena itu jika terasa lampu depan harus dihidupkan dengan memindah switch beberapa kali segera buka dan lakukan perbaikan ini.
Perbaikannya cukup mudah, Silakan lihat video di bawah ini.




Kejadian ini sering menimpa motor honda dengan lampu depan 2 biasanya lebih mudah daripada motor dengan lampu depan sebiji. Vario 125 menjadi yang paling banyak keluhan, honda supra x 125 helm in kemudian disusul honda supra x 125. Honda vario 110 juga memilik keluhan yang setara. Berbeda dengan honda beat, scoopy, vario, lebih awet dalam switch dimmer nya. Untuk beat mungkin keluhan pada lampunya ketimbang saklar lampu utamanya.

Pembukaan bisa mudah dengan pencungkilan dari sisi sebelah kiri dikarenakan sebelah kanan memiliki kaki kabelnya. Kemudian lepas konektornya dengan membuka terlebih dahulu pengancingnya. Setelah lepas, siapkan tempat yang bersih untuk menghindari part hilang jika terjatuh, seperti per, atau kontak tembaganya. Terdapat buah 3 buah pengunci pada saklar dimmer ini untuk pembukaannya. Ungkit dengan obeng minus kecil terlebih dahulu bagian kanan kirinya hingga terlihat celah selebar setengah milimeter. Kemudian masukkan obeng minus teraebut maka pengunci pada bagian tengah akan lepas.

Terdapat dua bagian utama, tombol penggeraknya yang terdapat 3 titik bergerak yang menghubungkan lampu atas atau bawahnya. Dan bagian tombol diamnya yang rata terdapat 3 buah tembaga yang terhubung dengan konektor menuju sumber dan kedua lampu jarak jauh dekatnya. Permasalahan yang biasa dihadapi adalah bagian konektor ini meleleh. 

Perbaikan yang bisa ditempuh adalah melakukan pengamplasan hingga sisa lelehan ini rata. Dan pastikan tembaga masih halus. Untuk kondisi yang parah biasanya konektor masuk terlalu dalam karena meleleh atau terdapat keausan yang dalam terkena titik pada tombol penggeraknya. Amplas atau gunakan cutter hingga halus dan rata. Setelah dibersihkan hingga tembaga mengkilap, tambahkan grease untuk.melancarkan bagian konektor ini.

lampu depan sering mati tentu merepotkan, disaat dibutuhkan malah mati. ketika dicoba tanpa kebutuhan malah normal saja. beberapa penyebab yang sering terjadi diulas pada video di bawah ini.



baca juga artikel lain.
Trik Bikin Tarikan Gas Enteng 
Filter Udara Tidak Boleh Disemprot!
Solusi Rem Keras

Tidak perlu dilakukan pelepasan tombol atau tembaga yang menempel pada penggeraknya. Jika ditekan terasa pirnya bekerja maka kondisi ini baik baik saja. Pasang kembali kedua part ini kemudian pasang pada kabelnya. Hidupkan mesin dan gunakan lampu atas dan bawah, apakah sudah bekerja dengan baik atau tidak.

  • Selmat mencoba...

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.com 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki


No comments:

Post a Comment

Popular Post