Tuesday, December 20, 2016

Perawatan manual Honda CBR 250 CC 2 silinder

Produk baru yang masih inden ini, bernama Honda CBR 250 RR. Motor kelas 2 silinder ini dilengkapi piranti yang canggih yang dinamakan throttle by wire. Jadi gasnya gak pake kabel lagi. Namun demikian perawatan yang bisa dilakukan tidak jauh dari pendahulunya. Para peminat motor gede ini jangan ragu ragu takut perawatan yang njlimet. Ni tengok apa aja yang bisa sobat setel sendiri. 

Trhottle by wire ini merupakan produk yang diaplikasikan hanya pada beberapa produk big bike saja. Dan rupanya honda pingin serius masuk ke pasar 2 silinder ini karena produk lain yang memakai model ini CCnya besar besar. Untuk perawatannya beda sama kabel gas yang perlu pelumasan. Throttle by wire yang disingkat TBW ini water resistance, alias gak masalah kena air jadi gak perlu lagi deh perawatan. Malah dianjurkan gak perlu dibuka sama sekali karena bisa ganggu setingan sensor sensornya.

Rem CBR 250 Throtle by wire ini dilengkapi ABS dan Non ABS jadi tinggal pilih saja. Perawatannya hampir sama penggantian minyak rem setiap 24000 atau 2 tahun. Tapi sebelum timbul keluhan menurt team bongkar dulu pasang kemudian, gak perlu ganti minyak rem mubazir. Kami anjurkan malah dibongkar sekalian karena kotoran endapan dari minyak yang sudah nempel kena tekanan bleeding gak bakal keluar. Logikanya pake tenanan segede pengereman saja gak bermasalah, pa lagi tekanan pompa atau bleeding ya tetap aja tinggal di situ. Untuk penggantian kampas kalo sudah tipis aja brow...


Mesin baru CBR250RR ini mengusung over bore yang memang cocok untuk 2 silinder berkapasitas 250 cc. Perawatannya untuk bagian oli pake yang encer 10W - 30 dan jangan lupa Jaso MA alias buat motor berkopling basah. Dan Api servis yang diijinkan mesti diatas SG. Untuk sport di bawahnya sih dibawah itu dah cukup, tapi karena sebagian laker sudah pake bos di journalnua kado kudu ngikut aja ni, biar awet. Ganti oli setiap 6000 km volumenya 1,9 liter. Kalo pas ganti filter oli setiap 36000 km atau 3 tahun olinya pake 2,1 liter. Pas apes kalo sampe turun mesin olinya kidu 2,4 liter. Seperti big bike lainnya, lubang untuk ngisi oli di pisah sama untuk ngecek oli. Menurut kami sih jadi ribet, mau ngecek oli habis ngisi buka tutup dua kali.

Pendingin mesin dilengkapi dengan radiator yang gak pake tutup jadi sobat kudu modal sendiri ni. Pilih aja yang nrawang nrawang alias yang kisi kisi aja biar anginnya lancar dan tidak mudah panas. Perawatan air radiatornya cek aja bagian kiri mesin dari belakang, jaga aja diantara lower dan upper. Untuk pengisiannya simple, lewat lubang firing yang diatasny.
Honda CBR 250 cc ini cukup dikuras air radiatornya setiap 24000 rb kilometer. Bareng a dengan pengecekan sim klem dan ganti businya.

Motor keluaran terbaru Honda ini berkapasitas 2 silinder jadi businya juga 2, pakenya yang iridium. Dipermudah gantinya, pas bareng sama dengan pengecekan sim setelan klep. Harga businya bisa dikira kira sendiri ya. Dari pihak Astra sendiri, pengecekan sim klep ini belum sekalu dibutuhkan karena bagian lakernya sudah diganti dengan bantalan bantalan pejal jadi gak banyak perubahan celah klepnya. Jadi perawatannya sih nunggu ngempos aja tenaganya...

Kopling yang disediakan di motor keluaran terpopuler ini gak berbeda dengan sport sebelumnya. Tuas kopling muncul di sisi kiri, kayak yamaha aja. Tapi dalam penyetelan masih sama, malahan ini terbuka jadi gak perlu buka penutup karet yang biasanya lagi. Stel aja sesuai keinginan.

 Cek disini videonya...



Bagian penting dari meain berkapsitas  2 silinder ini adalah kerenggangan rantai. Dengan tenaga besar pastinya membuat rantai cepat mengendor. Dengan pelumasan yang rutin maka rantai akan lebih awet. Pengecekan rantai cbr 250 ini setiap 1000 km.

Perawatan motor besae ini tentunya tidak sulit kan... Pasti bisa bagi peminat motor. Cukup bermodal pengetahuan dasar motor bebek saja pasti bisa merawat motor bersilinder 2 ini.
Untuk harga yang ditawarkan sekitar 66 juta setengah harga dari rumah sederhana. Pilih yang mana....


Salam
Team Bongkar Dulu Pasang Kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post