Wednesday, December 21, 2016

Penyebab dan Perbaikan Jarum Speedometer Getar

Speedometer bergetar jarumnya bikin kesal. Kenapa? Kok bisa? Bikin rusak gak ya...? Ternyata masalahnya sepele saja tapi kalo dibiarin bisa bikin cepet kena gear box speedometernya. Masalah ini berasal dari kabel di dalan tabung kabel speedometernya kepanjangan. Entah berasal dari pabrik ataukah tabung yang memendek atau kabelnya sendiri yang memanjang. Untuk memperbaikinya bisa dengan memasang kabel speedometernya tidak mentok, jadi kendor saja. Jika takut lepas bisa dengan memotong 5 mm bagian kabel isinya. 

Video di atas memang nyata bahwasannya memang perbaikan untuk jarum speedmeter yang getar memang semudah ini. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah panjang kabel speedo yang keluar dari selongsong kabelnya.  Panjang yang normal adalah 1 cm s.d. 1,5 cm. Panjang kabel bermasalah jika kelebihan akan mengakibatkan pergetaran jarum speedometer.



Pada video ini panjangnya 2 cm mengakibatkan pergerakan kabel tertahan pada selongsong dan pada ujung ujung kabelnya. Perbaikan dilakukan dengan memasang kabel bagian bawah tidak mentok. Pergerakan kabel akan lebih bebas sehingga pergerakan jarum speedometer halus.

Perbaikan juga bisa dilakukan dengan memotong kabel speedo bagian bawah. Dimaksudkan agar mudah dimasukkan ke rongga gear box nya. Pemotongan dilakukan dengan tang potong yang tajam agar hasil potongannya tidak berserabut dimana kabel ini memang kumpulan dari serabut baja.

Cara memasukkan kabel speedometer ini dengan memasukkan terlebih dahulu isi kabel speedometernya ke dalam gearbox. Dalam proses memasukkan ini pasti akan kesulitan kerena ujung yang lama tumpul dan mudah dimasukkan tanpa dengan menentukan bentuk segi empat pada gearbox. Tengoklah lubang gear box untuk menentukan posisi yang tepat kabel speedo ini.

masalah kabel ini juga sering terjadi pada masalah speedometer yang sering mengalami putus nyambung. kondisi ini terjadi karena selip antara kabel speedoneter dengan gearboxnya. video di bawah ini.



Setelah terpasang cobalah pergerakan jarum speedometernya apakah sudah baik. Jika pergerakan masih bergetar maka kurangi lagi panjang kabel speedometernya. Lakukan seperti contoh di atas untuk pemotongannya.

Selamat mencoba
Team Bongkar Dulu Pasang Kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post