Wednesday, December 21, 2016

Pasang sepion reteng pasa lampu sein honda vario


Pasang sepion reteng pasa lampu sein honda vario
Pernah dong ngrasain tikus di rumah banyak. Tahu tahu motor pagi harinya tidak bisa dihidupkan atau spion retengnya mati. Memang harga sepion yang disambungkan dengan lampu sein atau reteng ini harganya mahal tapi mungkinlah diberanikan untuk dibenerin sendiri jika kabelnya bermasalah. Pada umumnya warna kabel sama untuk semua motor honda bagian seinnya. Hanya ada warna hijau untuk negatifnya dan warna hijau muda untuk sein kanan dan orange untuk sein kiri. Kali ini yang akan di bahas adalah pasang sepion reteng pasa lampu sein honda vario.

Dalam pemasangan sepion reteng pasa lampu sein honda vario perlu diperhatikan warna yang akan saling dihubungkan. Dikarenakan Dikarenakan jika pemasangan terbalik antara kabel negatif dan positifnya akan menyebabkan LED yang terdapat pada sepion akan mudah putus. Oleh karena itu, harap diperhatikan dengan seksama warna yang akan disambungkan. Berikut ini warna yang harus diperhatikan dengan benar.

Merah dihubungkan dengan kabel positif pada lampu sein.

Hitam dihubungkan dengan kabel negatif atau massa.

Warna lapu sein pada honda untuk kanan adalah warna biru muda kemudian dihubungkan dengan kabel warna merah sepion kanan. Warna orange pada matik honda adalah sein kiri kemudian disambungkan dengan kabel wana merah pada sepion kiri. Untuk masing masing warna hitam atau hitam merah pada sepion dihubungkan dengan warna hijau bisa mengambil dimana saja. Pada honda vario, pemasangan paling sederhana dihubungkan dengan lampu depan karena dipermudah dalam tempat mudah dalam pembongkaran cover. Dan hal penting yang perlu dipentingkan adalah bahwa pemasangan lebih aman.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pemasangan sepion reteng pada lampu sein honda vario adalah memasang sepion terlebih dahulu. Tidak perlu dilakukan pembongkaran cover speedometer. Jika terdapat socket tambahan pada sepion yang anda beli, pasang socket ini pada socket lampu sein depan yang terdapat persisi di depan aki. 

Untuk permasalahan lampu sepion yang mati dikarenakan putusnya kabel hanya perlu dibongkar pada cover front top saja ( sering disebut dasi) atau cover plat nomor. Dengan dibukanya cover front top ini maka sudah terlihat kabel sepion. Tinggal dicari saja kabel yang putus.

Ketika sambungan socket hilang maka perlu dilakukan sambung pada video pemasangan sepion reteng pada lampu sein honda vario di bawah ini




Dalam video ini terdapat langkah pemasangan cover lampu depan. Hal ini tidak diperlukan untuk pemasangan sepion reteng pada lampu sein. Video ini selain menyajikan pemasangan sepion reting juga bersamaan dengan pencarian korsleting yang disebabkan hubungan masa kabel kota.

Sambungan atau socket tambahan ini sering lupa dibawa atau bahkan hilang. Dan sering juga berbeda pelanggan ingin memasang sepion reteng bawaan honda beat untuk dipasang di motor vario mereka. Maka perlu dilakukan alternatif sambungan agar sepion bisa difungsikan. Dengan pilihan untuk tidak merusak wire harness atau kabel body tidak rusak maka perlu dilakukan improvisasi pada bagian socketnya. 

Kabel yang akan digunakan untuk menyambungkan antara sepion hingga ke socket lampu seinnya harus diberi tanda karena biasanya kabel yang dibeli warnanya sama, misalnya dengan memberikan isolahi hitam pada negatif. Jangan dilakukan dengan menyimpul karena akan menghambat memasukkannya melevati cover speedometer. Lakukan penyambungan dengan manual atau dengan penyolderan untuk hasil yang lebih baik antara kabel dan sepion.

Sepion sudah terpasang dan kabelpun sudah disambungkan kemudian langkah selanjutnya untuk pemasangan sepion reteng pada lampu sein honda vario ini adalah menyambungkan pada socket lampu sein depan. Terdapat 3 socket yang menuju lampu depan pada honda vario. Dua diantaranya terdapat 2 buah kabel dimana, kabel hijau dan orange merupakan sein kiri sedangkan kabel hijau dan biru putih merupakan sein kanan. Lepas terlebih dahulu socket depanya, kemudian masukkan kabel yang telah dikelupas 2 cm ke dalam socket kabel utamanya. Sesuai tanda yang telah dibuat, pasang kabel positif sepion kanan pada socket biru muda dan kabel sepion negatif pada warna hijaunya. Tekan dengan maksimal dikarenakan memang berat karena kabel yang dimasukkan menahan socket dipertemukan.

Kemusian lepas socket yang bersisi warna orange dan hijau. Pasang kabel sepion kiri positif dengan dengan socket orange dan kiri negatif dengan warna hijaunya. Tekan dengan maksimal dan kemudian coba dulu hasilnya. Pasang cover front top untuk mengakhiri pemasangan sepion reteng pada lampu sein honda vario ini.











No comments:

Post a Comment

Popular Post